Kandangnya Danar Si Sapi: Kajian Usability Situs Web Pemerintahan Kota Makassar (part 2 of 3)

Kandangnya Danar Si Sapi

Living with my friends, my cell phones, my tamagotchi, and my stupidity.

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam posting ini saya akan mencoba untuk mengkaji faktor usability dari situs http://bahasa.makassarkota.go.id/. Tulisan ini terdiri dari 3 post, dikumpulkan dalam kategori tugas akhir IMK.

Evaluasi Heuristik Situs Poin 1-5

1. Visibility of System Status

Hampir setengah bagian dari situs ini dan tautan menu utamanya dibuat dengan menggunakan animasi Flash. Ketika pengguna pertama kali mengunjungi situs ini, misalnya, kita akan disuguhi dengan animasi tulisan serta gambar yang muncul dari sebelah kanan dan kiri, beserta efek suara dan musik. DI situs ini juga ditampilkan gambara pesisir Pantai Losari pada malam hari dengan animasi laut yang bergerak tenang serta burung-burung yang terbang di atasnya.
Hal ini tentu saja mampu menambah estetika, serta memberikan kesan yang “wah” dan menarik. Namun, terjadi sebuah kesalahan yang sangat fatal, yaitu tombol-tombol tautan menu utama di situs ini tidak melakukan aksi apapun ketika di-klik. Hal ini mungkin disebabkan adanya kesalahan pada pembuatan script Flash.


Walaupun tidak bisa di-klik, situs ini akan memberi tanda berupa sebuah animasi seperti membalik kartu ketika kita mengarahkan kursor di menu utama. Hal ini dilakukan untuk memberi pembeda dengan tautan yang lainnya.
Salah satu kekurangan lainnya dalam situs ini adalah kita tidak diberi informasi sedang di menu apa kita berada sekarang.





2. Match between System and The Real World

Bahasa yang digunakan dalam situs ini adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sedikit Bahasa Makassar, misalnya kata “Baruga” pada tautan menu utama. Sebenarnya, di bagian atas sebelah kanan situs ini terdapat menu untuk memilih beberapa bahasa lainnya. Namun, lagi-lagi, menu ini tidak bisa di-klik.



3. User Control and Freedom

Pada situs ini tidak disediakan opsi untuk membatalkan aksi pengguna, serta tidak ada pilihan untuk keluar dari keadaan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna.


4. Consistency and Standards

Masalah ketidakkonsistenan terjadi pada bahasa yang digunakan di bagian artikel berita. Ada beberapa artikel yang menggunakan bahasa Indonesia, dan ada pula yang berbahasa Inggris.




5. Error Prevention

Pada menu search, kita diberikan pilihan untuk memilih tipe pencarian. Hal ini akan membantu kita dalam pencarian, serta mencegah terjadinya kesalahan pencarian.




11 surat penggemar:

lah kalo ada pilihan bahasa trus ga bisa di klik buat a[a dicantumin -__-

iya pilihan bahasanya waktu di klik ga melakukan apa2 dan bahasa nya jg ga berubah

Fazariah R(G64070120)
http://fazariahr07.student.ipb.ac.id/

Menu pemilihan bahasa yang kurang "umum" kalau bisa ditiadakan, karena hal itu justru akan mubazir jika tidak dapat dipergunakan (menu tidak bisa di klik).

Awal baca post kamu penasaran pengen lihat yang mana yang ga bisa diklik. Setelah buka situsnya, ternyata benar semua menu di navigasi tidak membuka halaman baru, yang ada hanya animasi ketika di-klik, mungkin masih under construction. Hal itu terlihat dari Jejak Pendapat dan Petuah yang masih kosong.

Selain itu gambar di Home terlalu besar (meskipun bagus) sehingga membuat konten di bawahnya tidak terlihat. Ketidak konsistenan bahasa sangat terlihat di artikel.

Nice post Danar :)

http://www.nadeea.co.cc/
http://nadeae07.student.ipb.ac.id/

sm kyk web yg gw bahas..
qt ga tw klo qt lg d hlmn yg mna...
tp gmbr d web yg lo bhas bgus..

sm kyk web yg gw bahas..
qt ga tw klo qt lg d hlmn yg mna...
tp gmbr d web yg lo bhas bgus..

http://nidyap07.student.ipb.ac.id/

http://nidyalovekitty.blogspot.com/

pilihan bahasanya ampe 3 bahasa...,
walau memang tak sempurna, salut lah...,
diacungi jempol aja.
salam kenal:taufiq-gfm45

jika terdapat kekurangan pada user usability maka akan terjadi penurunan nilai user experience dan user interface tentunya,,,


http://mayaw07.student.ipb.ac.id

woow..masih banyak yang belum berfungsi ya..
biasanya masalah birokrasi ini
(sok tau gw) :P
tapi sepertinya situs ini bakal seperti ini terus..sampai ganti kepengurusan.
he

wah setuju banget ngereview situs ginian, bisa meningkatkan promosi biar wisatawan tertarik..

Visit indonesia visit my blog :P

weleh helew

Posting Komentar