Kandangnya Danar Si Sapi: Kajian Usability Situs Web Pemerintahan Kota Makassar (part 3 of 3)

Kandangnya Danar Si Sapi

Living with my friends, my cell phones, my tamagotchi, and my stupidity.

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam posting ini saya akan mencoba untuk mengkaji faktor usability dari situs http://bahasa.makassarkota.go.id/. Tulisan ini terdiri dari 3 post, dikumpulkan dalam kategori tugas akhir IMK.

Evaluasi Heuristik Situs Poin 6-10

6. Recognition Rather Than recall


Ketika kita ingin menggunakan menu search di bagian kiri situs, mungkin kita akan mengalami sedikit kesulitan karena di bagian ini hanya disediakan form search, tapi tidak diberikan tombol untuk untuk mengeksekusi fungsi search. Untuk mengeksekusinya, pengguna harus menekan tombol “Enter” pada keyboard. Seharusnya pada menu ini disediakan tombol “search”, atau icon kaca pembesar seperti yang terdapat di situs web pada umumnya.


7. Flexibility and Efficiency of Use

Ketika kita membaca sebuah artikel di situs ini, di bagian akhir artikel diberikan link ke artikel yang sebelumnya, serta ke artikel selanjutnya. Di bagian kiri dan bawah artikel juga disediakan tautan ke berita-berita lainnya, serta ada juga tautan ke berita-berita popular. Kita sebagai pengguna dapat bebas memilih cara mana yang ingin kita gunakan untuk memilih berita.



8. Aesthetic and Minimalist Design

Font yang digunakan di situs ini sudah pas, tidak terlalu besar tidak terlalu kecil. Penggunaan whitespace pada artikel juga sudah cukup baik, sehingga memudahkan pengguna dalam membaca artikel. Namun sayangnya, alignment artikel berita di situs ini tidak menggunakan “Justify”, sehingga tulisan terlihat kurang rapi.



9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Error

Ketika kita memilih menu “Hubungi kami” di bagian bawah situs, kita akan diberikan form untuk mengirim e-mail kepada pengelola situs.
Jika kita tidak mengisi form tersebut secara lengkap, tombol “kirim” di bagian bawah tetap bisa di-klik, namun tidak akan menghasilkan aksi apa-apa.



10. Help and Documentation

Pada situs ini tidak disediakan halaman bantuan, sehingga akan cukup menyulitkan bagi pengguna yang baru mengunjungi situs ini.

12 surat penggemar:

PERTAMAX

Tombol searchnya nggak ada, padahal belumtentu semua orang tahu bahwa itu bisa langsung menggunkan perintah enter di keyboard. Tidak di-justify, jadi kelihatan berantakan....

Adelina P.H (F24070038)
http://adelinap07.student.ipb.ac.id

Bagus nar kerjaan kamu.... Situs itu emang masih banyak kekurangan........

pagingnya kurang jelas yah nar...coba klo tiru paging google search bagus tuh

warnanya sepi gan, mungkin perbaikannya ntar bisa lebih main warna kali yaaa...

wah...enk nih sie danar. baru lihat web ini aja udh langsung bs kliatan kkuranganx dmn aja, g ky web kajian gw, hrs teliti bnr dah ngeliatnya cz emg interfacex udh oke!

nice post gan... :)
(komen tengah malam, mata sudah berkaca - kaca -_-" )

regards.
teguhcp

> http://teguhc07.student.ipb.ac.id

ada masalah serius di pagingnya. padahal ini situs pemerintah.seharusnya bisa lebih baik lagi dari pada ini.


teknik penggunaan warnanya agak "mati" jadi agak membosankan

my academic blog

nice post

sukses buat kuliahnya.....

This comment has been removed by the author.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar